Pages

My Name

search data

Loading...

Minggu, 03 Juni 2012

Tools mengukur website


1.GTmetrix
GTmetrix adalah websiteuntuk menganalisa kecepatan web yang tersedia secara gratis, dengan menggunakan google page speed dan Yahoo YSlow sebagai analyze engine dan untuk menampilkan hasil serta rekomendasi yang harus dilakukan.
Dengan GTmetrix juga dapat membandingkan beberapa URL sekaligus dan jika mendaftar sebagai anggota maka dapat:
  • melihat tes sebelumnya  untuk membandingkan hasilnya
  • menjadwalkan cek website secara otomatis
  • menyimpan laporan
  • memilih hasil laporan untuk ditampilkan kepublic atau tidak
Kelebihan GTmetrix :
-          Dapat menggunakan google page speed dan YSLOW sebagai analyze engine.
-          Dapat membandingkan beberapa URL sekaligus
-          Menjadwalkan cek website secara otomatis
-          Dapat menyimpan laporan
-          Memilih hasil laporan untuk ditampilkan kepublic atau tidak.
Kekurangan GTmetrix :
-          Jika menggunakan GTmetrix harus menggunakan internet yang cepat.

2. Alexa.
Alexa menganalisa penggunaan web dari sumber lalu lintas data, termasuk juga Alexa Toolbar untuk pengguna yang akhirnya membuat peringkat lalu lintas untuk website. Hal ini pada dasarnya menentukan seberapa populer sebuah situs web. Meskipun nilai ini sangat dihormati di kalangan tertentu, lalu lintas data bukan sampel yang representatif dari populasi internet global, tetapi beragam luas statistik diambil dari pengguna Alexa Toolbar.

Hal lain yang perlu diingat adalah bahwa situs dengan lalu lintas rendah relatif tidak akan akurat peringkat oleh Alexa karena sulit untuk memastikan angka yang benar dari situs dengan kurang dari 1000 pengunjung. Namun nilai yang bermanfaat ketika membandingkan situs serupa, apalagi 6.000.000 orang mengunjungi Alexa setiap bulan, yang bukan angka yang akan mengendus.


Apa itu peringkat lalu lintas Alexa

Peringkat lalu lintas Alexa diambil selama tiga bulan dari lalu lintas data dari jutaan pengguna dengan mempertimbangkan kedua jumlah pengguna yang mengunjungi situs dan jumlah halaman yang dilihat oleh pengguna. Jadi nilai ini dapat mengubah kuartal, tergantung pandangan / kunjungan saat itu. Sejumlah Alexa rendah berarti tingkat yang lebih besar lalu lintas.
Alexa rinci penjelasan tentang peringkat lalu lintas.

Lalu lintas peringkat didasarkan pada tiga bulan agregat lalu lintas data historis dari jutaan pengguna Toolbar Alexa dan data yang diperoleh dari lainnya, sumber lalu lintas data yang beragam, dan merupakan ukuran gabungan tampilan halaman dan pengguna (jangkauan). Sebagai langkah awal, Alexa menghitung jangkauan dan jumlah tampilan halaman untuk semua situs di Web setiap hari. Peringkat Alexa lalu lintas utama didasarkan pada nilai yang berasal dari kedua jumlah rata-rata dari waktu ke waktu (sehingga peringkat situs mencerminkan jumlah pengguna yang mengunjungi situs serta jumlah halaman di situs dilihat oleh para pengguna ). Perubahan tiga bulan ditentukan dengan membandingkan peringkat situs saat ini dengan peringkat dari tiga bulan lalu. Misalnya, pada tanggal 1 Juli, perubahan tiga bulan akan menunjukkan perbedaan antara peringkat berdasarkan lalu lintas selama kuartal pertama tahun ini dan peringkat berdasarkan lalu lintas selama kuartal kedua.

Apakah tool bar Alexa

Ini adalah perangkat gratis yang dapat anda download yang memungkinkan Anda untuk mengukur lalu lintas Anda sendiri dan peringkat dan memeriksa peringkat pesaing Anda. Cara untuk mendownload dan menginstal tool bar Alexa adalah sangat sederhana.

Pergi ke Alexa.com / Toolbar - halaman muncul dengan tombol besar yang memiliki Perpanjangan Alexa dari Google Chrome - jika Anda menggunakan Google Chrome maka Anda cukup klik tombol hijau besar dan semuanya menginstal ekstensi langsung dari Chrome. Jika Anda menggunakan Firefox atau Internet Explorer ada link di sebelah kiri.


Ini tool bar kemudian menampilkan dua peringkat - peringkat untuk dunia dan peringkat untuk negara Anda. Perpanjangan ini berguna karena juga memberikan Anda sebuah link untuk analisis pencari dan cara link kembali mesin untuk lihat melihat kinerja masa lalu dan juga waktu buka rata-rata, ini dibandingkan Anda ke situs lain untuk melihat seberapa cepat situs Anda sedang loading di sana, di toolbar anda .
Cari analisis

Kelebihan dari tools Alexa adalah :
1. Alexa ini membantu dengan memberikan informasi tentang kualitas dan popularitas dari sebuah website
2. Berguna bagi website yang anda memiliki untuk diterima dalam program make money online
3. Membantu anda dalam mengetahui posisi jika terdapat kompetisi dan anda bisa mengetahui volume traffic dari website yang anda miliki
Kekurangannya adalah :
1. Perhitungan algoritma Alexa yang baru dan pastinya ribet, karena sistem ranking yang diberikan oleh Alexa semakin akurat karena Alexa juga memberikan ranking berdasarkan sumber lain juga
2. Mungkin saling cross check dengan Google, Yahoo!, MSN dan website berpengaruh lainnya, dan sudah banyak penurunan ranking yang dialami oleh para webmaster (terutama pemilik blog)

Widget Alexanya bisa didapatkan disini Alexa Widget dan anda tinggal ketik URL dari website yang anda miliki setelah itu bisa dipasang kode yang diberikan pada website anda. Semoga informasi yang saya berikan bisa bermanfaat dan terima kasih sudah menyimak. Keep Blogging!!
Sumber : http://joyodrono-cahmabung.blogspot.com/2012/05/apa-itu-alexa-rank-dan-bagaimana-untuk.html

3. Pingdom
Aplikasi yang saya maksudkan di sini ialah Pingdom – didatangkan dalam 3 versi (percuma, basic dan business). Selain daripada menawarkan servis percuma untuk menjalankan test page speed / load time blog dan laman web, Pingdom turut menawarkan servis untuk memantau Uptime dan Downtime blog terus dari smartphone anda.
Pengalaman Dengan Pingdom
Personally, saya telah menggunakan aplikasi ini (versi percuma) dari bulan Februari 2012 dan cukup berguna dalam proses saya memantau prestasi uptime dan downtime blog ini di mana – mana sahaja menerusi smartphone.
Kelebihan Pingdom yang dapat saya kongsikan ialah;
  • Percuma (sekiranya mahukan servis yang lebih detail, anda boleh subscribe versi basic atau business)
  • Satu akun hanya untuk memantau 1 blog.
  • Pemantauan yang lebih mudah OTG (On The Go) – boleh memantau dengan smartphone Android dan iPhone.
  • Membolehkan anda bertindak lebih cepat, dan untuk menghubungi syarikat hosting ataupun isu lain yang mengakibatkan downtime.
  • 20 SMS alert untuk akaun percuma, dan untuk akaun basic dan business merangkumi alert menerusi email dan twitter.
Kekurangan Pingdom :
·         Jika menggunakan Pingdom harus menggunakan internet yang cepat.

Sepanjang pengalaman saya menggunakan aplikasi Pingdom ini, pernah sekali saya menghubungi syarikat hosting (dataKL) kerana blog ini mengalami downtime melebihi 3 jam. Dipendekkan cerita, akhirnya saya yang mendapat malu kerana terlupa bahawa mobilityworlds menggunakan servis Cloudflare. Sepatutnya saya periksa status server Cloudflare terlebih dahulu. Apa pun, servis dari dataKL cukup memuaskan, 1 email ringkas yang saya hantar dibalas dengan 2 email yang cukup detail.
Pengajarannya, kepada rakan – rakan blogger yang menggunakan servis Cloudflare, pastikan anda melihat kepada status update mereka terlebih dahulu sekiranya blog anda mengalami isu downtime (CloudflareStatus – Twitter). Sekiranya masalah berpunca dari Cloudflare, Login akaun Cloudflare dan Pause servis mereka dan cuba lihat samada blog anda masih offline atau sebaliknya. Sekiranya blog anda masih offline, bermakna sampai masanya untuk anda “menyerang” syarikat hosting anda. Description: :)

Screenshot Pingdom Untuk MobilityWorlds
1. Response Time
Response time purata untuk mobilityworlds sepanjang tempoh tersebut sekitar 3 saat.
Pingdom - Response Time
2. Uptime
Pingdom - Uptime
3. Downtime
Pingdom - Downtime
Kesimpulan
Aplikasi Pingdom ini cukup berguna untuk anda memantau uptime dan downtime blog anda. Untuk personal blog, akaun percuma sudah dikira memadai dan lebih daripada mencukupi.

>>Menrut saya yang paling baik dan akurat menggunakan Alexa karena kita bisa mengetahui tentang informasi kualitas dan popularitas dari sebuah website, dan bias memprogram make money online dan alexa ini bisa mengetahui posisi jika volume traffic dari web lain.

0 komentar:

Posting Komentar